Wisata Pantai di Jakarta

wisata pantai di jakarta

Sebagai kawasan padat penduduk sekaligus pusat bisnis di Indonesia, Jakarta terkenal sebagai kota yang macet, berpolusi, padat, dan minim kawasan wisata alam. Hiruk pikuk kota Jakarta sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kaum urban, apalagi bagi mereka yang bekerja di tengah kota. Meski begitu, masyarakat Jakarta masih bisa menikmati udara segar di kota sibuk ini sembari menepi dari rutinitas sehari-hari. Wisata pantai di Jakarta bisa menjadi solusi.

Nyatanya, Jakarta tidak hanya berisi gedung-gedung dan jalanan kota yang berpolusi saja, tetapi juga memiliki sejumlah pantai yang indah, berudara segar, dan cukup menenangkan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar pulau atau kota yang memakan waktu lama, pantai-pantai di Jakarta cukup bisa membuat rileks pundak dan menjadi tempat rekreasi tercepat yang bisa disambangi dengan kerabat dan keluarga.

wisata pantai di jakarta

Objek wisata pantai di Jakarta kebanyakan terletak di sebelah utara Jakarta, seperti Kepulauan Seribu, kawasan wisata Ancol, dan beberapa daerah sekitarnya. Kawasan-kawasan ini memiliki potensi besar sebagai objek wisata yang dekat dengan perkotaan, sehingga layak disambangi bagi siapa saja yang tidak memiliki banyak waktu untuk vakansi. Apa saja objek wisata pantai di Jakarta? Mari berwisata!

Objek Wisata Pantai di Jakarta

  • Pantai Ancol

Pantai Ancol menjadi salah satu pantai di Jakarta yang sangat populer keberadaannya. Bukan hanya populer di kalangan warga Jakarta saja, melainkan juga wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara. Karena kepopulerannya inilah, Pantai Ancol tidak pernah sepi pengunjung, baik di akhir pekan maupun hari kerja.

Pantai Ancol serupa oase di tengah terik dan peliknya kehidupan di Jakarta. Sebab, di kawasan pantai ini berada, juga terdapat banyak sarana dan wahana rekreasi yang dibangun untuk memanjakan para wisatawan. Mereka yang berkunjung juga bisa menikmati kawasan ini lebih dari sehari dengan menginap di berbagai penginapan yang tersedia.

  • Pantai Marunda

Masih di utara Jakarta, tepatnya di Kecamatan Cilincing, terdapat sebuah pantai yang menjadi andalan warga untuk mengisi akhir pekan dan liburan singkat. Pantai Marunda, namanya. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, sehingga kawasan ini sangat mudah dijangkau tanpa perlu menginap. Akses menuju dan dari pantai ini pun bisa dilalui dengan transportasi publik.

Kawasan ini memang tidak diisi dengan beragam wahana rekreasi. Namun, di dermaga pantai ini, pengunjung bisa menikmati hembusan angin dan panorama laut yang terbentang dengan latar unik, yaitu gedung-gedung yang tinggi menjulang. Di pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam.

  • Pantai Pulau Macan

Jika berkunjung ke Pulau Macan, mungkin wisatawan akan lupa bahwa ia masih di Jakarta dan bukan di Lombok. Ya, memiliki panorama indah serta pantai pasir putih yang bersanding dengan birunya air laut, membuat pantai Pulau Macan seperti tidak berlokasi di Jakarta. Pulau ini bisa disambangi dengan speed boat dari Dermaga Marina Ancol kurang lebih selama 1,5 jam saja.

  • Pulau Tidung

Pulau Tidung terletak di Kepulauan Seribu, sebelah utara Jakarta. Pulau yang terkenal dengan Jembatan Cintanya sudah cukup populer di kalangan anak muda. Pesona pantai di Pulau Tidung memang tidak diragukan lagi, bahkan air lautnya masih jernih. Pulau Tidung bisa disambangi dari Pelabuhan Muara Angke dengan menggunakan speed boat sekitar 2 – 3 jam saja.

  • Pulau Bidadari

Masih di Kawasan Kepulauan Seribu, terdapat satu pulau cantik yang sarat akan peninggalan sejarah Indonesia. Namanya mungkin tidak setenar Pulau Pari, Pulau Tidung ataupun Pulau Pramuka, namun keindahannya dijamin tidak akan mengecewakan. Ciri khas Pulau Bidadari ada pada bangunan-bangunan peninggalan Belanda saat menduduki wilayah Indonesia pada masa lalu.

Siapa sangka, pulau indah ini dulunya bernama Pulau Sakit. Penamaan tersebut tercetus pada abad ke-17 saat Belanda menjadikan pulau ini sebagai tempat pengasingan bagi mereka yang terkena penyakit lepra atau kusta. Sejak Belanda pergi, pulau ini tidak berpenghuni dan tidak pernah dikunjungi manusia. Hingga pada tahun 1970, pulau ini dikembangkan menjadi pulau wisata.

  • Teluk Jakarta

Teluk Jakarta bisa dikatakan sebagia pantai yang paling dekat dengan kota Jakarta. Tak heran, jika lokasinya sering menjadi tujuan utama wisatawan. Daya tarik pantai ini terletak pada pemandangan indah dan ragam pilihan aktivitas wisata air yang lengkap. Berkeliling dengan kapal di Teluk Jakarta adalah pilihan aktivitas yang menjadi favorit wisatawan. Wisata ini cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama anak dan keluarga.

  • Pulau Pramuka

Nama pulau ini cukup unik memang, karena identik dengan nama organisasi atau gerakan pendidikan kedisiplinan di Indonesia, Gerakan Pramuka. Sebab, memang pulau ini sering digunakan untuk kegiatan Pramuka. Awalnya, pulau ini bernama Pulau Elang, karena merupakan habitat dari Elang Bondol. Sayangnya, Elang tersebut sudah tidak dapat ditemukan lagi, sehingga berganti nama menjadi Pulau Pramuka.

Di pulau ini, wisatawan bisa menyambangi pantainya yang menyejukkan. Pulau Pramuka memiliki pantai yang bersih nan indah yang dilengkapi dengan pemandangan matahari tenggelam yang begitu cantik. Jangan lewatkan kegiatan berkeliling pulau menggunakan kapal wisata dan menyambangi penangkaran penyu di pulau ini.

  • Pulau Pari

Pulau Pari sejatinya bukanlah habitat asli bagi ikan Pari. Penamaan pulau ini karena bentuknya yang mirip ikan Pari jika dilihat dari atas. Pantai di Pulau Pari serupa pantai-pantai di Lombok dengan pasir yang putih dan kontras dengan birunya air laut. Selain itu, pantai Pulau Pari juga menjadi salah satu tempat Pusat Penelitian Kelautan LIPI.

  • Pulau Biru

Pulau Bira berada di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini merupakan pulau yang letaknya cukup jauh dari daratan utama Jakarta, namun pulau ini sangat layak untuk disambangi. Selain karena keindahan pantainya, pulau ini juga masih belum banyak yang mengunjungi. Sehingga, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati ketenangan di sela-sela penatnya rutinitas dan pekerjaan.

Untuk mengunjungi Pulau Bira, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Muara Angke dengan menaiki kapal. Perjalanan yang ditempuh dari Muara Angke sekitar 3 – 4 jam dengan terlebih dahul u transit di Pulau Pramuka. Cukup lama memang perjalanan yang harus ditempuh ke Pulau Bira, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.

  • Pantai Anyer

Secara administratif, Pantai Anyer tidak masuk wilayah Jakarta. Namun, pantai ini bisa dijadikan salah satu objek wisata pantai di Jakarta karena letaknya yang cukup dekat dengan kota Jakarta, yaitu sekitar 30 km dari barat Jakarta. Pantai yang terletak di Serang, Banten ini sudah sangat populer dan tidak asing lagi di telinga masyarakat Jakarta.

Dari Pantai Anyer, wisatawan bisa melihat langsung Gunung Rakata, anak dari Gunung Krakatau. Pemandangan gunung dan laut ini membuat Pantai Anyer begitu unik nan eksotis. Selain karena pemandangannya yang eksotis, banyaknya wisatawan yang menjadikan Pantai Anyer sebagai objek wisata dikarenakan kelengkapan fasilitas akomodasinya.

Give a Comment