Jelajah Wisata Ancol Jakarta

wisata ancol jakarta

Siapa bilang Jakarta hanya berisi gedung, macet, pabrik, dan lengkap dengan polusi? Nyatanya, Jakarta memiliki destinasi wisata yang bisa disambangi disela-sela kesibukan kaum urban atau para pelancong dari berbagai daerah. Wisata Ancol Jakarta, namanya. Tentu masyarakat Jakarta sudah tidak asing lagi dengan tempat rekreasi yang satu in.

Tempat rekreasi yang dikenal dengan nama Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Jauh sebelum bertumbuhnya taman-taman rekreasi di seluruh Indonesia, wisata Ancol Jakarta sudah lebih dulu eksis. Tempat inilah yang bisa dikatakan menjadi jawaban atas keluhan masyarakat pada zaman dahulu yang kekurangan sarana wisata di ibukota.

wisata ancol jakarta

Dulunya, kawasan Ancol hanyalah daerah rawa penuh nyamuk yang menjadi sumber wabah malaria bagi masyarakat Batavia (sebutan Jakarta pada masa lalu). Oleh Presiden Soekarno, tepatnya pada tahun 1960-an, kawasan ini “dihidupkan” menjadi pusat industri terbesar di Jakarta yang juga berdampingan dengan perumahan dan industri-industri lainnya dari berbagai sektor.

Kemudian pada 1966, gubernur Jakarta Ali Sadikin membuka pantai Bina Ria Ancol yang terkenal dengan pementasan teaternya. Sejak saat itu, kawasan ini terus berkembang dan menalami peningkatan dari tahun ke tahun hingga menjadi area rekreasi seluas kurang lebih 552 hektar yang kini dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City.

Wisata Ancol Jakarta – Oase di Tengah Kawasan Urban

Berbagai peningkatan pembangunan yang signifikan terus dilakukan pengelola kawasan wisata Ancol Jakarta. Hingga kini, destinasi wisata yang satu ini selalu ramai dipadati pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Seperti tidak ada bedanya antara akhir pekan maupun bari biasa, Ancol selalu saja dipadati pengunjung dari berbagai daerah.

Tentu kondisi ini bisa dikatakan wajar, siapa saja yang datang ke Ancol tidak akan pernah merasakan kebosanan. Ada banyak sekali objek wisata dan wahana yang bisa dicoba, mulai dari wisata bahari, wahana permainan, wahana olahraga, kesenian, penginapan, kuliner, hingga pantai yang kesegarannya bisa dinikmati di tengah teriknya matahari Jakarta. Apa saja objek wisata di Ancol yang bisa dikunjungi? Berikut beberapa di antaranya:

  • Atlantis Water Adventure

Ingin merasakan sensasi bermain air dengan sensasi digulung ombak seperti di pantai nyata? Sambangilah Atlantis Water Adventure di Ancol. Di lahan seluas kurang lebih 5 hektar ini, para pengunjung akan disuguhkan berbagai macam wahana permainan air yang sangat menyenangkan. Level permainan mulai dari level biasa hingga ekstrem. Terdapat 8 kolam utama di Atlantis dengan nama-nama unik, yaitu Aquarius, Antila, Poseidon, Octopus, Plaza Atlas, Atlantean, dan Kiddy Pool.

  • Sea World

Kalau wahana underwater aquarium pertama dan terbesar di Indonesia tentu sudah banyak yang tahu. Wahana ini juga sering dijadikan sebagai tujuan study tour sekolah untuk mengenal fauna bawah laut. Sebab di area seluas kurang lebih 2 hektar ini, para pengunjung dapat melihat ribuan biota air tawar yang ditampilkan dalam 28 display berbentuk aquarium besar, serta 4 kolam terbuka.

  • Ecopark

Ancol Ecopark yang sebelumnya merupakan arena Ladang Golf seluas kurnag lebih 33,6 hektar cukup diminati banyak pengunjung. Tujuan pengelola untuk menyediakan ruang terbuka hijau di Ancol, sekaligus sarana edukasi pengunjung nampaknya tercapai. Di Ecopark Ancol ini, para pengunjung bisa menyambangi taman terbuka yang dilengkapi dengan fasilitas edutainment, botanical garden, taman fauna, dan sarana adventure, seperti arena panjat tebing, taman petualangan, dan lainnya.

  • Pasar Seni

Sesuai dengan namanya, tempat ini sengaja dibangun untuk wadah para pengrajin, penggiat, hingga kolektor seni. Mulai dari seni lukis, seni teater, seni musik, dan banyak lagi lainnya. Di Pasar Seni juga terdapat puluhan galeri yang memajang banyak hasil karya seni dari berbagai pegiat seni di Indonesia. Bukan hanya melihat-lihat, para pengunjung juga bisa membeli hasil karya seni yang dipamerkan.

  • Alive Museum

Lukisan atau gambar-gambar tiga dimensi (3D) memang sudah banyak dipamerkan di Jakarta. Salah satu yang permanen adalah Alive Museum di Ancol Beach City Mall lantai 3. Di sini, para pengunjung bisa menikmati karya seni lukis dan seni rupa 3D, patung lilin selebriti Indonesia dan Korea, hingga berbagai macam wahana menarik lainnya.

  • Marina Bay

Bukan Marina Bay Sands seperti di Singapura, melainkan Marina Ancol yang merupakan salah satu kawasan di kompleks wisata Ancol Jakarta yang menyajikan panorama indah khas dermaga. Aslinya kawasan ini merupakan pelabuhan khusus kapal pesiar yang terlengkap di tanah air. Dari tempat ini pula, pengunjung bisa menyebrang untuk berwisata di Kepulauan Seribu yang indah. Marina juga bisa dijadikan tempat asik untuk permainan air, seperti jet ski, kano, wind surfing, memancing, atau sekadar berfoto.

  • Putri Duyung Cottages

Jika ingin menikmati suasana santai dan tenang sambil mengistirahatkan tubuh, menginaplah di Putri Duyung Cottages. Tempat ini menyediakan penginapan yang langsung menghadap laut dan memiliki pemandangan yang eksotis khas Pulau Dewata. Di Putri Duyung Cottages, para pengunjungnya diberikan fasilitas sepeda gratis, tenis meja, kolam renang, voli pantai, dan masih banyak lagi.

  • Deretan Pantai Eksotis

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa Ancol merupakan kawasan pesisir utara Kota Jakarta. Selain Marina Bay, masih banyak lagi pantai yang bisa disambangi untuk melepas penat para pengunjung. Pantai tersebut, seperti Pantai Ria, Pantai Indah, Pantai Festival, Pantai Lagoon, dan Pantai Carnival yang sering digunakan untuk berbagai acara.

  • Kereta Gantung/Gondola

Lelah mengitari Ancol dengan berjalan kaki? Tenang, Gondola Ancol solusinya. Dari Gondola, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah Ancol yang membentang luas. Keindahan hutan nusantara, wahana-wahana, pantai, dan lengkap dengan gedung-gedung di sekitar Ancol bisa terlihat. Ada 3 stasiun Gondola untuk memulai penjelajahan, yaitu stasiun A, B, dan C.

  • DUFAN

Wah, kalau tempat yang satu ini, jangan sampai dilewatkan. Ke kawasan Ancol rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba berbagai wahana di Dunia Fantasi (DUFAN). Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua, bisa menghabiskan liburan di tempat yang menyenangkan ini. Wahana di DUFAN sangat bergam, dari yang standard hingga ekstrem, di antaranya Ice Age, istana boneka, Bianglala, Alap-alap, Roller Coaster, Arung Jeram, Hysteria, Halilintas, Tornado, dan masih banyak lagi lainnya.

Rute Menuju Kawasan Wisata Ancol Jakarta

Akses menuju kawasan wisata Ancol Jakarta sesungguhnya sudah lebih mudah kini. Apalagi, lokasinya yang berada di pusat bisnis Jakarta menjadikannya mudah dalam segi akses jalan maupun transportasi publik. Pengunjung biasanya datang dengan menaiki bus Transjakarta, Commuter Line, kendaraan pribadi, hingga bus pariwisata.

Pengunjung wisata Ancol Jakarta yang berasal dari luar kota, seperti Banten, Tangerang, atau arah bandara Soetta, bisa mengakses tol Jakarta – Tangerang. Sedangkan, pengunjung yang datang dari Ciamis, Bandung, Garut, dan Tasikmalaya bisa mengakses tol Jakarta – Cikampek. Hampir semua tempat wisata yang tertera memiliki akses rute yang sangat baik.

Give a Comment